Selasa, 07 Juli 2015

Pulau Setan ! Pesona Pulau Tropis di Ranah Minang ( Part 1 )



Siang itu setelah selesai bernego dengan pihak penyewa kapal dan menyiapkan segala kebutuhan perbekalan logistik kami berangkat dari dermaga pelabuhan Carocok. Pulau Setan merupakan pulau yang dipilihkan oleh pihak penyewa kapal untuk kami stay dalam trip Mandeh.

Selama diperjalanan saya sebenernya agak was-was, yah keinget namanya yang agak horor...
"Duh, Pulau Setan yaahh.. dari denger namanya aja kok udah bikin merinding.. yang kebayang diotak saya sih sebuah pulau terpencil yang terisolasi karena angker dan berhantu. Eitss..tapi tunggu dulu, kalau kata emak ane ni bilang, jangan langsung menjudge sesuatu cuma dari cover apalagi dari nama.. *Iisssh syedap !"






Tapi semua rasa merinding itu mulai luntur ketika dalam perjalanan menuju Pulau Setan disuguhkan pemandangan Mandeh yang cantik.. Laut biru toska, dikelilingi perbukitan dan dipercantik dengan gugusan pulau-pulau kecil disekitarnya, khas nuansa tropisnya !



Kurang lebih 30 menit perjalanan, kami sampai. Ekspetasi saya tentang Pulau Setan yang angker dan seram ternyata terlalu berlebihan, ternyata ini bukan pulau yang menyeramkan melainkan potongan surga yang jatuh di ranah minang.



Pulau Setan tak sebesar Pulau Cubadak dan Pasumpahan tapi pulau ini juga memiliki bukit seperti dua pulau tersebut.Pulau ini tak berpenghuni dan belum dikelola, jadi jika igin stay dipulau ini harus camp dan menyiapkan tenda.

Menginjakan kaki di Pulau Setan, saya langsung disambut oleh pasir putihnya yang menawan. Pantai dengan ombak tenang bewarna biru toska benar-benar memanggil untuk diselami. Suasana khas sebuah pulau tropis. Saya rasa, pulau ini menjadi pilihan tepat untuk menjauh hiruk pikuk dan keramaian Bukit Tinggi atau Kota Padang.




Siang ini masih terlalu panas, tubuh juga masih terasa lelah karena perjalanan panjang . Rasanya pengen leyeh-leyeh dulu untuk beristirahat dan menikmati setiap sudut Pulau Setan yang seolah menyimpan misteri, sambil menunggu teman-teman selesai mendirikan tenda karena kami akan camp malam ini di Pulau Setan dan di Pulau ini, hanya ada saya dan teman-teman saya, kami bersebelas. Serasa pulau pribadi, menyenangkan bukan ?! :')




Note :


  • Kawasan wisata bahari Mandeh terletak dipesisir selatan Sumatera Barat, jika dari Padang, jarak yang ditempuh sekitar 1-2 jam.
  • Pulau Setan merupakan salah satu pulau yang berada di kawasn wisata Mandeh yang direkomendasikan oleh pihak penyewa kapal jika kita ingin stay atau berkemah, namun kita juga bisa melakukan nego jika kita ingin stay dipulau lain.
  • Pulau Setan pulau yang tidak berpenghuni dan tidak ada jaringan listrik disini dan juga akses air tawar.
  • Akses transportasi menuju Mandeh susah-susah gampang, tapi akses terbaik kesana menggunakan kendaraan pribadi atau sewa mobil travel karena masih jarang angkutan umum. 
  • Tarif sewa mobil travel berbeda-beda, kami beruntung dapat mobil seperti elf dengan tarif 500ribu untuk 11 orang.
  • Harga sewa kapal nelayan di Mandeh bervariasi, tergantung berapa lama wisata, tujuan trip dan kegiatan kita selama di Mandeh dan besar kecilnya kapal. Harga mulai dari Rp 1.000.000 untuk kapal berkapasitas 10-15 orang dan sudah termasuk biaya perizinan untuk stay dipulau. Pihak penyewa kapal juga akan membantu memilihkan tempat dan kegiatan kita selama di Mandeh.
  • Kebanyakan pulau disekitar Mandeh masih belum berpenghuni, jadi make sure jika kamu akan berkemah selama disana, kecuali beberapa pulau yang sudah dikelola seperti Pulau Cubadak dan Pulau Pasumpahan, namun untuk menginap diresort pulau tersebut biayanya diatas USD 100 permalam.
  • Pastikan bawa logistik sesuai kebutuhan, jika sudah dipulau tidak ada warung dan kamu bisa berbelanja logistik dikawasan carocok.
  • Trip yang saya lakukan bersama teman-teman sifatnya independent, tidak ikut trip dari agen, namun beberapa operator tur di Sumatera Barat atau khususnya Padang sudah banyak membuat trip untuk wisata ke Mandeh
  • Jaga kesopanan dan kesantunan selama berwisata di Mandeh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar