Rabu, 08 Juli 2015

Pulau Setan ! Pesona Pulau Tropis di Ranah Minang ( Part 2 )




Rasanya kurang lengkap jika sudah berkunjung ke sebuah pulau tapi tidak mengeksplore setiap sudutnya. Pulau Setan yang nampak dari kejauhan saja sudah terlihat eksotis, seolah menyimpan banyak kecantikan yang tersembunyi membuat tiap orang ingin menjamah keindahannya.

Siang ini matahari terasa terik, sinarnya terasa mengigit lembut kulit tapi tak menyurutkan keinginan dan rasa penasaran saya untuk coba berjalan untuk berkeliling melihat keindahan disudut Pulau Setan.







Bersama seorang teman, langkah saya dimulai kearah barat pulau. Disisi ini ada deretan mangrove yang tidak begitu luas. Kemudian saya melanjutkan langkah kearah selatan pulau. Disini saya disambut oleh deretan bebatuan pantai, ada yang berwarna coklat ada pula yang berwarna hitam. Dari sisi ini, disebrang pulau terlihat ada sebuah pulau yang cukup besar dan memanjang, pulau tersebut adalah Pulau Cubadak.







Berada disini yang saya rasakan adalah sebuah ketenangan. Ombak bergelung lembut membalut pasir yang putih dan laut biru yang membentang luas.
"ROMANTIS !" begitu kata teman saya, yang sebenarnya paling anti jika diajak ke pantai karena lokasi kerjanya yang sudah berada dipengeboran minyak lepas pantai.



Rasanya ingin berlama-lama disini, rasanya ingin melangkah lebih jauh menyusuri sudut pulau ini, tapi sepertinya tidak ada lagi jalan pasir, yang ada hanya bebatuan, niat untuk mengeksplorasi kecantikan pulau ini lebih jauh harus diurungkan dengan segala berat hati. Akhirnya kami memutuskan untuk kembali ke pantai lokasi camp kami.



Waktu masih menunjukan sekitar jam 4.00 sore. Sambil membunuh waktu untuk menunggu senja saya berenang dipantai, nikmat sekali bisa melayang tanpa pelampung. Suasana pantai yang sepi benar-benar makin terasa menyenangkan, hanya ada saya dan 10 orang teman saya.. mau ngapain aja bebas, terserah.. santai kayak dipantai !








Sekitar jam setengah 6 beberapa teman sudah mulai sibuk mengambil kamera untuk berfoto-foto. Namun karena ini di Sumatera Barat, biasanya matahari terbenam sekitar jam setengah 7, disitulah sunset terbaik. Makanya, saya memilih untuk tidak mengeluarkan kamera dulu, saya masih sibuk menikmati suasana sore yang syahdu menuju senja ini, saat matahari mulai tenggelam, rasanya rugi kalau ada sedetik yang terlewatkan,





Senja yang sedari tadi dinanti akhirnya muncul. Matahari tenggelam, sunset hari ini menawan. Mataharinya bulat penuh dengan kondisi langit yang cerah tanpa awan. Ahh.. bisakah semua keindahan ini saya bisa lihat saat saya sudah pulang ke Jakarta nanti ??



Note :


  • Kawasan wisata bahari Mandeh terletak dipesisir selatan Sumatera Barat, jika dari Padang, jarak yang ditempuh sekitar 1-2 jam.
  • Pulau Setan merupakan salah satu pulau yang berada di kawasn wisata Mandeh yang direkomendasikan oleh pihak penyewa kapal jika kita ingin stay atau berkemah, namun kita juga bisa melakukan nego jika kita ingin stay dipulau lain.
  • Pulau Setan pulau yang tidak berpenghuni dan tidak ada jaringan listrik disini dan juga akses air tawar.
  • Akses transportasi menuju Mandeh susah-susah gampang, tapi akses terbaik kesana menggunakan kendaraan pribadi atau sewa mobil travel karena masih jarang angkutan umum. 
  • Tarif sewa mobil travel berbeda-beda, kami beruntung dapat mobil seperti elf dengan tarif 500ribu untuk 11 orang.
  • Harga sewa kapal nelayan di Mandeh bervariasi, tergantung berapa lama wisata, tujuan trip dan kegiatan kita selama di Mandeh dan besar kecilnya kapal. Harga mulai dari Rp 1.000.000 untuk kapal berkapasitas 10-15 orang dan sudah termasuk biaya perizinan untuk stay dipulau. Pihak penyewa kapal juga akan membantu memilihkan tempat dan kegiatan kita selama di Mandeh.
  • Kebanyakan pulau disekitar Mandeh masih belum berpenghuni, jadi make sure jika kamu akan berkemah selama disana, kecuali beberapa pulau yang sudah dikelola seperti Pulau Cubadak dan Pulau Pasumpahan, namun untuk menginap diresort pulau tersebut biayanya diatas USD 100 permalam.
  • Pastikan bawa logistik sesuai kebutuhan, jika sudah dipulau tidak ada warung dan kamu bisa berbelanja logistik dikawasan carocok.
  • Trip yang saya lakukan bersama teman-teman sifatnya independent, tidak ikut trip dari agen, namun beberapa operator tur di Sumatera Barat atau khususnya Padang sudah banyak membuat trip untuk wisata ke Mandeh
  • Jaga kesopanan dan kesantunan selama berwisata di Mandeh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar