Senin, 13 Juli 2015

Backpacker, Traveler, Flashpacker Or Tourist ??






Udah gag dipungkiri lagi kalau kegiatan jalan-jalan atau traveling udah jadi sesuatu yang naik daun saat ini, sebagian udah menjadikannya gaya hidup. Banyak orang yang ngelakuin berbagai kegiatan perjalanan untuk suatu tujuan misal buat sekedar jalan-jalan dan having fun disuatu daerah, wisata alam misal pendakian gunung atau diving, olah raga, shoping, bisnis, dinas kerja, religi, nonton konser dan bahkan masih banyak lagi.

Nah, dari berbagai macam tujuan orang melakukan suatu perjalanan, muncul berbagai macam istilah atau golongan untuk orang-orang dengan berbagai macam tujuan dan aktivitas mereka saat traveling. Beberapa diantaranya ada Backpacker, Traveler, Flashpacker or Tourist. Gue pribadi masih belum begitu paham makna dan arti dari istilah-istilah itu.





Dari beberapa pengelompokan itu soal budget juga jadi pertimbangan seseorang masuk dikategori mana misal apapun tujuannya selama dia ngelakuin perjalanan dengan low bajet pasti disebut dengan backpacker. Trus juga flashpacker yang diidentikan dengan gaya dan gag kompromi sama yang namanya uang.

Kalau gue pribadi masuk dikategori mana? hmm buat gue mau apapun orang menyematkan berbagai istilah itu ke gue, itu semua gag penting.

I love traveling. Melakukan perjalanan untuk berbagai hal, melihat keindahan alam, mengenal kebudayaan dan yang penting sebagai cara menghargai diri dan memaknai hidup.



Gue pribadi bukan orang yang terlalu kompromi sama bajet tapi selalu punya plan.. segini, segini.. bajet yang harus gue siapin dan akan dikeluarkan. Tapi yang terpenting efektivitas dari bajet yang gue pake untuk sesuatu atau pengalaman apa yang gue dapetin.

Jujur, gue suka bingung ketika ada orang yang nanya ke gue 
"eh kalau mau kesana gue harus prepare bajet  berapa?"
"kalau kesana mahal ya pasti? hotelnya bagus gitu, depan pantai"
gue cuma bisa jawab
Tergantung, lo mau traveling kesana mau ngapain aja, karena kalau lo udah punya tujuan jelas disitu lo bakalan punya bayangan bajet yang jelas sekian sekian buat biaya makan, transport, akomodasi, tourist attraction and etc.

Pengalaman waktu gue ke Sabang, gue nginep di Iboih Inn, hotel dengan landskap terbaik di Aceh menurut gue. Hotelnya beach view gitu dengan pemandangan Pulau Rubiah dengan dan taman laut crystal waternya. Disana, bangun pagi, buka kamar jalan sedikit ke dermaga hotel ngeliat sunrise depan pantai trus lanjut berenang disalah satu spot diving terbaik dunia, yaitu taman laut Pulau Rubiah, and yess.. itu adalah salah satu pagi terindah dalam hidup gue. Disitu banyak orang yang anggep gue banyak duit karena bisa nginep dihotel sekeren itu, padahal sih gue nginep di economy room yang permalem 200 ribu aja, tapi pengalaman yang gue dapat lebih mahal dari harga kamarnya dan bahkan lebih mahal dari hotel-hotel berbintang nan megah di Kota Besar macam Jakarta.





Pernah juga gue waktu pas ke Baluran, tidur disalah satu wismanya yaitu Savana Bekol. Pagi gue bener-bener menakjubkan banget. and yess... dibangunin sama suara merak, buka kamar langsung liat sunrise di Savana Bekol sambil gerombolan rusa muncul menyambut pagi...bener-bener berasa di Afrika, pemandangan mahal yang harus gue bayar cuma dengan Rp. 70.000 aja per room per night.. how cool is that ? 




Trus juga, beberapa waktu lalu ketika gue ke Sumatera Barat, tepatnya ke Danau Maninjau. Niat awalnya sih pengen nenda, tapi behubung ternyata gag boleh nenda disekitar kawasan sana, jadinya supir travel yang gue tumpangin kasih opsi buat nginep dihotel. Gue jujur gag ngebajet buat hotel krn niat buat nenda, dan alhasil gue dikasih pilihan buat nginep dihotel Muaro Beach, Danau Maninjau. Semua kamar di hotelnya berupa bungalow dan beach view. Harganya sekitar Rp. 200.000 dan itu termurah dibandingkan sama hotel lain yang gag sebagus ini, and here here the morning view from Muaro Beach, Danau Maninjau !!






Oya, ngomong-ngomong soal nenda atau kemah. Gue kebetulan udah punya tenda. Cara ini gue lakuin biar gue bisa lebih fleksible mau dimanapun gue tidur biar bisa dapetin pengalaman pagi yang seru.. Siapa sih yang gag pengen kebangun pagi gara-gara suara ombak trus keluar tenda eh liat sunrise ?? Dan itulah pengalaman gue waktu camp di Pulau Setan yang pulaunya udah berasa milik sendiri karena cuma ada gue dan temen-temen gue, no room coat.. *yaiyalah kan kemah neng



Semua hotel tempat gue nginep itu terbilang gag mahal menurut gue bahkan ada yg gag ngeluarin uang sepeser pun ketika nenda. Dengan view yang super keren dan kamar yang nyaman dan aman itu worth it banget lho, apalagi pengalaman yang gue dapet disana, lebih mahal dari tarif penginapanya ! Hotel yang mahal belum tentu bisa kasih view yang anti mainstream dan pengalaman nginep yang seru, walaupun dibeberapa daerah hotel bintang 5, kasih kemewahan dnegan segala fasilitas juga view, tapi yang seru dan keren pun gag harus mahal toh ? yang super murah belum tentu juga bisa kasih semua pengalaman itu, yang nyaman dengan segala hal anti main stream.

Make sure, apa tujuan lo buat traveling. Efektivin bajet buat cari pengalaman yang gag biasa. Prepare semua dengan baik, kemana tujuan lo, ada apa aja disana dan apa tujuan lo disana ?? Semua diplan sebaik mungkin, Semangat buat browsing dan cari banyak info. Jangan sampe elo udah keluarin uang banyak tapi pengalaman yang didapet yang biasa-biasa aja, atau low bajet tapi ngebatasin kita buat dapet pengalaman seru dan nikmatin perjalanan itu.

Sooo.. kalau kita udah bisa nemuin semua pengalaman yang seru dan antimainstream saat kita traveling  berapapun bajet yang dikeluarin, dan kemanapun kita pergi, rasanya label label diri seperti Traveler, Backpacker, Flash Packer bahkan Tourist rasanya udah gag penting lagi Sama gag pentingnya seberapa banyak daerah yang udah dikunjungin.

Your life your adventure, make it legendary !!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar