Senin, 14 April 2014

Senja penuh cinta di Pantai Kasih, Sabang

Akhirnya, setelah kemarin saya mlewatkan untuk menikmati sunset di Pantai Kasih, akhirnya kesampean juga.

images source

Setelah menjemput seorang teman di Pelabuhan Balohan, kami langsung mencari penginapan dulu di sekitar kota Sabang. Akhirnya pencarian kami tertuju pada Kartini Homestay. Overall, Kartini Homestay cukup oke. Kami dapat harga 150.00 permalam unuk 3 orang dengan fasilitas AC, kamar mandi dalam dan breakfast. Suasana tempatnya pun sangat homie seperti dirumah sendiri. Sayangnya saya gag sempet mengabadikan gambar ditempat ini jadi cuma bisa ambil fotonya dari google, huhu.

Sebenarnya ingin sekali menginap di sekitar Pantai Sumur 3, sayangnya mayoritas penginapan sudah full. Lokasi penginapan kami menuju ke Pantai Kasih sangat dekat, sekitar 5 menit berkendara dengan motor.

Sekitar jam 6 sore, kami tiba di Pantai Kasih. Magrib atau senja disini terlambat satu jam dari waktu normal WIB di Pulau Jawa. Saat kami tiba, langit belum begitu gelap walau matahari sudah terlihat mulai turun. Sambil menghbaiskan waktu menunggu senja, saya main dipantai. Seorang teman yang fotografer asik memotret saya yang girang banget bermain dengan ombak.

Kurang lebih jam setengah tujuh, sang surya mulai tenggelam. Puji syukur, untuk hari kedua ini, langit Sabang cerah.

Perlahan matahari tenggelam diufuk barat diantara bukit dan tertutup awan, jadi mataharinya pun tidak terlihat bulat penuh, tapi alam memang luar biasa mampu melukiskan segala keindahannya. Matahari yang tenggelam diantara awan dan jatuh diujung bukit sana, justru memberikan cahaya terbaiknya. Mungkin ini adalah sunset terindah yang pernah saya lihat sepanjang hidup saya.

Rasanya kehabisan kata untuk melukiskan semua keindahan senja di Pantai Kasih sore ini, yang pasti benar-benar menganggumkan. Saya semacam bingung dan gag rela untuk sedetikpun melewatkan waktu untuk menikmati senja yang penuh cinta disebuah pantai yang penuh kasih di Pantai Kasih.

*P.S buat yang penasaran dan pengen tau lebih lengkap tentang Sabang, bisa liat di video Jalan-jalan Men edisi Sabang lho

Note :

• Pantai Kasih lokasinya tidak jauh dari pusat kota Sabang. Bisa ditempuh dengan berkendara selama 5-10 menit dan 30-40 menit dari pelabuhan Balohan
  • Ada beberapa penginapan di sekitar Pantai Kasih, seperti di Guest House Pantai Kasih
  • Sama sperti di Pantai Sumur 3, Rata-rata bajet penginapan di wilayah sekitar Pantai Kasih dibawah 500 ribu, dengan fasilitas yang sudah lengkap
  • Jika kamu seorang muslim dan pasangan laki-laki dan perempuan serta belum menikah, pastikan untuk tidak menginap sekamar yah kecuali jika kamu pasangan dan sudah muhrim
  • Pantai Kasih tidak termasuk kawasan bikini zone, jadi hindari menggunakan bikini disini. Cukup gunakan pakaian ke Pantai tapi tetap sopan, misalnya dengan menggunakan dress yang ditutup flanel atau jaket
  • Untuk menuju Sabang bisa ditempuh dengan dua cara yaitu melalui Banda Aceh dan Medan
  • Penerbangan yang melayani rute ke Banda Aceh ada Lion Air, Garuda Indonesia dan Air Asia ( dari Malaysia )
  • Jika kita melalui Banda Aceh kita tinggal menyebrang dengan kapal lambat ataupun kapal cepat. Tiap hari ada kapal yang menyebrang ke Sabang kecuali hari Jumat (untuk info jadwal penyebrangan kapal ke Sabang dari Banda Aceh cek disini )
  • Jika kita menempuh perjalanan melalui Medan, kita bisa melanjutkan perjalanan dengan pesawat Garuda Indonesia
  • Pastikan mendapatkan tiket kapal maksimal 2 jam sebelum perjalanan, karena walaupun bukan waktu liburan, kapal ramai sekali.
  • Untuk info lain penginapan di Sabang, silahkan cek disini
  • Sabang tidak seketat Aceh daratan, namun pastikan tetap berpakaian sopan walau tanpa kerudung