Jumat, 11 April 2014

Santai di Pantai Sumur Tiga, Sabang




Sabang... ??
ada yang bilang nama Sabang itu adalah singkatan yang kepanjangannya adalah "Santai Banget"

Sebenernya sih gag heran kalau Sabang itu identik dengan santai. Kota Sabang yang terdiri dari beberapa pulau dengan Pulau terbesarnya yaitu Pulau Weh jadi punya banyak banget tempat buat nyantai-nyantai dipinggir pantai. Lalu dimanakah tempat paling santai dan asik di Sabang ? menurut gue jawabannya ada di Santai, kawasan Pantai Sumur 3.




Santai sebenernya tuh nama tempat, semacam penginapan gitu, tepatnya Fredie Santai Sumur 3, penginapan ini kebetulan punya orang asing, chef gitu. Dia jatuh cinta sama Sabang sampe akhirnya memutuskan untuk stay diSabang dan bikin penginapan. hihihi



Sebenernya sih penginapan disekitar Pantai Sumur 3 bukan cuma di Fredie Santai Sumur 3, tapi ada yang lain lagi, misalnya di Cassanemo. Oya, disekitar Pantai Sumur 3 ada juga penginapan lain lho. Yang asiknya disini, hotel-hotel yang sea view dan fasilitas yang udah cukup oke harganya rata-rata dibawah 300 ribu lho. Hal yang agak jarang kita temui dibeberapa cottage diwilayah Indonesia Timur.




Ngomong-ngomong soal Pantai Sumur 3, konon dipantai ini ada 3 sumur jadi dikasih nama Pantai Sumur 3. Menurut gue pantai ini adalah salah satu pantai tercantik di Sabang. Gue pribadi sebenernya lebih suka suasana disini daripada di Iboih yang udah terlalu touristy dan rame. Disini suasananya gag gitu rame, pantainya keren dan dapet banget suasana privatenya. Oya, Pantai Sumur 3 termasuk kawasan bikini zone jadi disini boleh bikinian tapi tetep ada batas kawasannya dan gag sembarangan berbikini ria kalau bukan dipantainya aja :) .



Pantai Sumur 3 sebenernya gag gitu panjang garis pantainya tapi cukup asik buat main-main, disini juga jadi spot snorkling lho. Pasir pantainya putih dan banyak pecahan batu karang disini tapi jangan harap nemu batu akik yah disini. Yang bikin epic itu kalau siang, kliatan cantik banget pantainya. Pasir putih dan air laut yang jernih dengan trumbu karang yang cantik warnanya jadi hijau biru toska gitu airnya... keren !






Pemandangan dan suasana Pantai Sumur 3 yang super itu, bikin gue betah nongkrong di Santai alias penginapan Fredie Santai Sumur 3. Disini adalah salah satu lokasi yang bikin pewe buat nongkrong, apalagi ada restaurant yang sea view dan makanannya enaaak bgt, salah satunya yang khas disini pizza. Harga makanannya pun standar restaurant kebanyakan lah ya tapi sih gag semahal harga makaanan di hotel berbinta. Rasanya juga lumayan, apalagi dengan view pantai yang super. Worth it deh ! So, mau santai santai di Sabang ? ke Sumur 3 aja :)






*P.S buat yang penasaran dan pengen tau lebih lengkap tentang Sabang, bisa liat di video Jalan-jalan Men edisi Sabang lho 



Note :


  • Pantai Sumur 3 lokasinya tidak jauh dari pusat kota Sabang. Bisa ditempuh dengan berkendara selama 10-20 menit dan 30-40 menit dari pelabuhan Balohan
  • Ada beberapa penginapan di sekitar Pantai Sumur 3, seperti Casanemo dan Fredie Santai Sumur 3
  • Rata-rata bajet penginapan di wilayah Sumur 3 dibawah 500 ribu, dengan fasilitas yang sudah lengkap 
  • Jika kamu seorang muslim dan pasangan laki-laki dan perempuan serta belum menikah, pastikan untuk tidak menginap sekamar yah kecuali jika kamu pasangan dan sudah muhrim
  • Pantai Sumur 3 termasuk kawasan bikini zone, kamu boleh menggunakan bikinimu tapi pastikan untuk berbikini diwilayah pantai saja, jika sudah keluar dari kawasan pantai tetap gunakan lagi pakaian yang sopan yah.
  • Untuk menuju Sabang bisa ditempuh dengan dua cara yaitu melalui Banda Aceh dan Medan
  • Penerbangan yang melayani rute ke Banda Aceh ada Lion Air, Garuda Indonesia dan Air Asia ( dari Malaysia )
  • Jika kita melalui Banda Aceh kita tinggal menyebrang dengan kapal lambat ataupun kapal cepat. Tiap hari ada kapal yang menyebrang ke Sabang kecuali hari Jumat (untuk info jadwal penyebrangan kapal ke Sabang dari Banda Aceh cek disini )
  • Jika kita menempuh perjalanan melalui Medan, kita bisa melanjutkan perjalanan dengan pesawat Garuda Indonesia
  • Pastikan mendapatkan tiket kapal maksimal 2 jam sebelum perjalanan, karena walaupun bukan waktu liburan, kapal ramai sekali.
  • Untuk info lain penginapan di Sabang, silahkan cek disini
  • Sabang tidak seketat Aceh daratan, namun pastikan tetap berpakaian sopan walau tanpa kerudung





Tidak ada komentar:

Posting Komentar