Minggu, 20 April 2014

Indahnya perjalanan menuju Iboih



Puas bermain di sisi timur Pulau Weh, membuat saya dan teman-teman ingin explore ketempat lain yaitu diwilayah barat. Sebuah wilayah yang terkenal dengan keindahan pantai dan taman lautnya yang bahkan menjadi salah satu spot diving terbaik dunia, tak lain dan tak bukan adalah Iboih.

Yup.. Iboih adalah salah satu icon dari pariwisata di Sabang. Kalau googling tentang wisata Sabang banyak banget muncul foto-foto dikawasan Iboih.




Iboih atau yang juga disebut dengan Teupin Layeu lokasinya ada dibarat Pulau Weh. Untuk menuju kesini dari pusat kota Sabang sekitar 1-2 jam dan Jika dari pelabuhan Balohan sekitar 1-1,5 jam. Untuk menuju ke wilayah dimana Pantai Iboih berada, kita akan melewati perjalanan berupa perbukitan karena kawasan iboihnya dibalik bukit gitu.





Well, saya dari arah kota. Rute pertamanya melewati teluk Sabang. Disini kita melewati semacam pelabuhan gitu, yang ternyata ini merupkan sebuah pelabuhan kapal-kapal pesiar dunia. Jadi kapal-kapal mewah itu singgah dipelabuhan ini.





Jalanan pun semakin menanjak dan dari sini kita bisa melihat secara kesuluruhan teluk Sabang. Gag cuma itu aja, ada beberapa pemandangan lain yaitu ada pulau Klah.







Disini bener-bener luar biasa banget pemadangannya. Gag banyak kata-kata yang bisa saya untai selain KEREN ! Sepertinya istilah semua keindahan Indonesia dimulai dari Sabang itu pas banget, karena pemandangan dari Teluk Sabang benar-benar mencerminkan semua keindahan Indonesia



*P.S buat yang penasaran dan pengen tau lebih lengkap tentang Sabang, bisa liat di video Jalan-jalan Men edisi Sabang lho 







Note :


  • Iboih lokasinya berada di barat Pulau Weh, bisa ditempuh sekitar 1-2 jam perjalanan baik itu dari kota maupun dari pelabuhan Balohan
  • Jika tidak membawa kendaraan, menuju Iboih bisa ditempuh dengan kendaraan umum yang tarifnya sekitar Rp 50.000 ( info 2013 ) , yang tersedia hingga jam 19.00
  • Untuk info emengenai penginapan di Iboih bisa cek disini
  • Jika kamu seorang muslim dan pasangan laki-laki dan perempuan serta belum menikah, pastikan untuk tidak menginap sekamar yah kecuali jika kamu pasangan dan sudah muhrim
  • Beberapa wilayah Iboih termasuk kawasan bikini zone, kamu boleh menggunakan bikinimu tapi pastikan untuk berbikini diwilayah pantai saja, jika sudah keluar dari kawasan pantai tetap gunakan lagi pakaian yang sopan yah.
  • Untuk menuju Sabang bisa ditempuh dengan dua cara yaitu melalui Banda Aceh dan Medan
  • Penerbangan yang melayani rute ke Banda Aceh ada Lion Air, Garuda Indonesia dan Air Asia ( dari Malaysia )
  • Jika kita melalui Banda Aceh kita tinggal menyebrang dengan kapal lambat ataupun kapal cepat. Tiap hari ada kapal yang menyebrang ke Sabang kecuali hari Jumat (untuk info jadwal penyebrangan kapal ke Sabang dari Banda Aceh cek disini )
  • Jika kita menempuh perjalanan melalui Medan, kita bisa melanjutkan perjalanan dengan pesawat Garuda Indonesia
  • Pastikan mendapatkan tiket kapal maksimal 2 jam sebelum perjalanan, karena walaupun bukan waktu liburan, kapal ramai sekali.
  • Untuk info lain penginapan di Sabang, silahkan cek disini
  • Sabang tidak seketat Aceh daratan, namun pastikan tetap berpakaian sopan walau tanpa kerudung
























1 komentar:

  1. Play Slots Online with LuckyClub
    Best free online slots. If you want to play slots online with the best experience, play at Lucky Club. luckyclub No deposit free spins. No deposit bonuses.

    BalasHapus