Selasa, 15 April 2014

Terbius hangatnya mentari pagi di Pantai Sumur 3, Sabang



Pagi-pagi sekali saya dan teman-teman bangun dan langsung bergegas untuk berangkat menuju ke Pantai Sumur 3. Sayang sekali, kami tidak menginap di penginapan sekitar pantai karena kamar dipenginapan banyak yang sudah full, akhirnya kami memutuska untuk menginap dihomestay sekitar pusat kota Sabang.

Perjalanan dari penginapan kami menuju pantai ditempuh sekitar 5-10 menit, dengan menggunakan motor. Sangat dekat sekali, apalagi lalu lintas pagi itu masih sangat sepi jadi kami bisa ngebut ria...hihihi




Dari kejauhan dalam perjalanan menuju pantai semburat mentari mulai muncul. Saya agak panik, takut sekali kehilangan momen melihat matahari terbit. Tapi ternyata ketika tiba sampai dipantai ternyata mataharinya belum muncul, baru semburatnya saja..untunglah.






Waktu sudah menunjukan jam 6 lebih, hampir setengah 7 tapi matahari belum menunjukan tanda-tanda akan terbit. Di wilayah ujung Indonesia barat seperti Aceh memang selisih waktunya bisa lebih dari satu jam lebih lama. Disini matahari baru muncul diantara waktu sekitar jam 6.30 - 7.00.









Akhirnya yag ditunggu datang juga. Sang mentari muncul diufuk timur diantara langit yang jingga. Waktu sudah menunjukan lebih dari jam 6.30.  Udara yang tadinya terasa dingin kini mulai hangat karena disinari sang mentari yang penuh kehangatan. Saya termenung menikmati semua keindahan ini, seperti terbius. Inilah indahnya mentari dinegri sejuta senja.









Matahari pun semakin meninggi. Udara semakin hangat karena matahari sudah menyinari seluruh wilayah pantai. Pagi itu saya lihat Pantai Sumur 3, saya lihat tak kalah cantik ketika siang. Langit biru berawan dan cuaca yang cerah, memanggil siapapun untuk beraktivitas pagi disini.







Saya pun mencoba untuk joging semetara teman ada yg asik dengan kameranya juga ada yang memutuskan untuk mandi pagi dipantai.







Waktu sudah menunjukan lebih dari jam 8. Waktunya untuk sarapan, sayangnya resto di Fredie Santai Sumur 3 belum buka. Akhirnya kami memutuskan untuk melanjutan perjalanan ke Bunker Jepang yang lokasinya tidak jauh dari sini sambil mencari sarapan.



*P.S buat yang penasaran dan pengen tau lebih lengkap tentang Sabang, bisa liat di video Jalan-jalan Men edisi Sabang lho 


Note :


  • Pantai Sumur 3 lokasinya tidak jauh dari pusat kota Sabang. Bisa ditempuh dengan berkendara selama 10-20 menit dan 30-40 menit dari pelabuhan Balohan
  • Ada beberapa penginapan di sekitar Pantai Sumur 3, seperti Casanemo dan Fredie Santai Sumur 3
  • Rata-rata bajet penginapan di wilayah Sumur 3 dibawah 500 ribu, dengan fasilitas yang sudah lengkap 
  • Jika kamu seorang muslim dan pasangan laki-laki dan perempuan serta belum menikah, pastikan untuk tidak menginap sekamar yah kecuali jika kamu pasangan dan sudah muhrim
  • Pantai Sumur 3 termasuk kawasan bikini zone, kamu boleh menggunakan bikinimu tapi pastikan untuk berbikini diwilayah pantai saja, jika sudah keluar dari kawasan pantai tetap gunakan lagi pakaian yang sopan yah.
  • Untuk menuju Sabang bisa ditempuh dengan dua cara yaitu melalui Banda Aceh dan Medan
  • Penerbangan yang melayani rute ke Banda Aceh ada Lion Air, Garuda Indonesia dan Air Asia ( dari Malaysia )
  • Jika kita melalui Banda Aceh kita tinggal menyebrang dengan kapal lambat ataupun kapal cepat. Tiap hari ada kapal yang menyebrang ke Sabang kecuali hari Jumat (untuk info jadwal penyebrangan kapal ke Sabang dari Banda Aceh cek disini )
  • Jika kita menempuh perjalanan melalui Medan, kita bisa melanjutkan perjalanan dengan pesawat Garuda Indonesia
  • Pastikan mendapatkan tiket kapal maksimal 2 jam sebelum perjalanan, karena walaupun bukan waktu liburan, kapal ramai sekali.
  • Untuk info lain penginapan di Sabang, silahkan cek disini
  • Sabang tidak seketat Aceh daratan, namun pastikan tetap berpakaian sopan walau tanpa kerudung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar