Sabtu, 12 April 2014

Tentang keceriaan dan impian di Pantai Kasih, Sabang


Salah satu tempat yang jadi bucket list saya ketika berkunjung ke Sabang adalah Pantai Kasih. Saya penasaran banget pengen liat orang main wind surfing disini sambil liat senja. Sebagai sunset hunter, saya merasa wajib buat kesini.





Setelah sempat berputar-putar karena niatnya mau cari bunker jepang tapi sayangnya gag ketemu, akhirnya saya putuskan untuk ke Pantai Kasih.





Pantai Kasih sendiri lokasinya deket banget dari pusat kota. sekitar 5-10 menitan berkendara naik motor. Pantainya ada dipinggir jalan kok, jadi dari pinggir jalan udah kliatan gitu kalau ada pantai yang cantik dengan garis pantai yang cukup panjang dan luas. Nah kalau bawa kendaraan dari tempat parkir cuma butuh sedikit jalan aja untuk kebibir pantainya.



Pantai kasih bisa dibilang cukup unik menurutku. Disini ada banyak batu-batu karang berwarna hitam yang ukurannya gag besar tapi setinggi tubuh orang dewasa, 1-2 meter kurang lebih. Bibir pantainya lebih lebar dari Pantai Sumur 3. Pasir pantai disini berwarna putih, dan halus. Saat terkena sinar matahari gradasi warnanya jadi biru dan biru toska. Ombak disini cukup tenang tapi disini gag disarankan untuk berenang menurut saya. Cukup bermain dipinggir bibir pantainya aja udah cukup seru dan asik seperti anak-anak yang saya jumpai ini.







Mereka anak-anak asli Sabang. Pantai adalah taman bermain mereka. Sore itu, sambil memunuh waktu untuk menunggu senja saya putuskan untuk ikut bermain bersama anak-anak ini. Wah, rasanya senang sekali bisa berbaur dengan mereka. Jujur, tiap saya traveling, bermain dengan anak-anak kecil didaerah yang saya kunjungi jadi semacam hal wajib yang harus saya lakukan.



"kakak, nanti kalau sudah besar aku pengen kayak kakak, bisa jalan-jalan keliling Indonesia"




Begitulah kurang lebih celoteh mereka ketika saya berkenalan dan ngobrol dengan mereka. Senang ketika mereka punya mimpi untuk lebih mengenal negri mereka. Bahkan ada dari mereka juga punya cita-cita untuk keliling dunia. Saya ikut tersenyum bangga dengar semua impian mereka. Tak hanya saling bercerita, saya juga ikut bermain dengan mereka. Bermain pasir, membuat sesuatu dengan pasir. Rasanya jadi rindu dengan kenangan semasa kecil dulu.



Waktu hampir menuju senja. Sebenarnya ingin berlama disini untuk menikmati senja dari Pantai Kasih tapi ternyata perut sudah tidak bisa berkompromi. Saya lapar, ingin sekali makan. Akhirnya memutuskan untuk singgah ke Sabang Fair.

*P.S buat yang penasaran dan pengen tau lebih lengkap tentang Sabang, bisa liat di video Jalan-jalan Men edisi Sabang lho 



Note :


  • Pantai Kasih lokasinya tidak jauh dari pusat kota Sabang. Bisa ditempuh dengan berkendara selama 5-10 menit dan 30-40 menit dari pelabuhan Balohan
  • Ada beberapa penginapan di sekitar Pantai Kasih, seperti di Guest House Pantai Kasih
  • Sama sperti di Pantai Sumur 3, Rata-rata bajet penginapan di wilayah sekitar Pantai Kasih dibawah 500 ribu, dengan fasilitas yang sudah lengkap 
  • Jika kamu seorang muslim dan pasangan laki-laki dan perempuan serta belum menikah, pastikan untuk tidak menginap sekamar yah kecuali jika kamu pasangan dan sudah muhrim
  • Pantai Kasih tidak termasuk kawasan bikini zone, jadi hindari menggunakan bikini disini. Cukup gunakan pakaian ke Pantai tapi tetap sopan, misalnya dengan menggunakan dress yang ditutup flanel atau jaket
  • Untuk menuju Sabang bisa ditempuh dengan dua cara yaitu melalui Banda Aceh dan Medan
  • Penerbangan yang melayani rute ke Banda Aceh ada Lion Air, Garuda Indonesia dan Air Asia ( dari Malaysia )
  • Jika kita melalui Banda Aceh kita tinggal menyebrang dengan kapal lambat ataupun kapal cepat. Tiap hari ada kapal yang menyebrang ke Sabang kecuali hari Jumat (untuk info jadwal penyebrangan kapal ke Sabang dari Banda Aceh cek disini )
  • Jika kita menempuh perjalanan melalui Medan, kita bisa melanjutkan perjalanan dengan pesawat Garuda Indonesia
  • Pastikan mendapatkan tiket kapal maksimal 2 jam sebelum perjalanan, karena walaupun bukan waktu liburan, kapal ramai sekali.
  • Untuk info lain penginapan di Sabang, silahkan cek disini
  • Sabang tidak seketat Aceh daratan, namun pastikan tetap berpakaian sopan walau tanpa kerudung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar